Jumat, 25 April 2014

Kamera SLR vs Kamera Digital

Kamera adalah sebuah alat untuk merekam sebuah moment atau peritiwa ke dalam bentuk gambar. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan alat yang sangat penting. Para pecinta fotografi biasanya lebih sering menggunakan kamera SLR. Tak hanya itu, kamera digital pun merupakan salah satu alat yang sering digunakan oleh pecinta fotografi. Adapun beberapa perbedaan antara kamera SLR dengan kamera digital.

Kamera SLR mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi, kualitas gambar yang lebih baik dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk mengoperasikanya dan tentunya harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan kamera digital. Kamera SLR biasanya digunakan oleh fotografer profesional karena butuh keahlian untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus. Walaupun kita dapat menggunakan auto setting, namun manual setting akan lebih menghasilkan gambar yang lebih baik sesuai yang kita inginkan jika kita mempunyai keahlian di bidang fotografi. Di dalam kamera SLR, kita dapat mengatur ISO/ASA film, aperture (bukaan diafragma), dan shutter speed.

Selain kamera SLR, kita dapat menggunakan kamera digital untuk mengabadikan moment atau peristiwa yang kita alami ke dalam bentuk gambar. Kamera digital ini terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan kamera SLR. Pengoperasian dan penggunaanya pun lebih mudah dibandingkan dengan kamera SLR, serta harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kamera SLR. Namun, hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera digital tidak sehebat kamera SLR. Maksudnya, jika kita dapat mengatur pencahayaan, kecepatan, bukaan diafragma pada kamera SLR sehinggga mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan, kita tidak dapat melakukan hal seperti itu jika menggunakan kamera digital.

Sekarang ini, banyak orang yang mulai tertarik dengan dunia fotografi dan tidak hanya terjadi pada kalangan anak muda saja. Belajar fotografi memang sangat menarik karena kita bisa mengabadikan peristiwa yang terjadi disekitar kita. Tak hanya itu, kita pun dapat membidik objek-objek yang kita inginkan seperti pemandangan dan benda-benda yang kita anggap menarik serta unik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar