Rabu, 30 April 2014

Sistem Keamanan Modern dengan Biometrik

Sistem keamanan dengan menggunakan kata sandi (password) tampaknya belum menjamin sebuah sistem keamanan terlindungi dengan baik karena kata sandi bisa diketahui orang lain menggunakan perangkat lunak (software). Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah teknologi untuk melindungi sistem kemananan dengan baik yaitu teknologi biometrik.

Definisi dari biometrik adalah sebuah sistem keamanan dengan cara mengenali ciri-ciri fisik dari pemiliknya. Sistem biometrik tentunya sangat aman karena setiap manusia mempunyai ciri fisik yang berbeda (unik). Contohnya saja sistem kemanan dengan menggunakan sidik jari. Setiap manusia mempunyai sidik jari yang berbeda, sehingga sistem keamanan akan terjaga dengan baik.

Berikut ini beberapa macam jenis keamanan dengan menggunakan teknologi biometrik:
1. Pengamanan dengan Sidik Jari (Finger Print)
 Dalam penggunaan sistem keamanan sidik jari ini, sistem akan melakukan pencocokan berdasarkan corak sidik jari tersebut. Sistem kemanan dengan sidik jari merupakan cara tertua dalam teknologi biometrik atau bisa dikatakan cara pertama yang ditemukan dalam penggunaan sistem kemanan menggunakan teknologi biometrik. Selain itu, teknik ini juga merupakan teknik yang paling terkenal dan banyak digunakan karena keamanan terjaga dengan baik.





2. Pengamanan dengan Telapak Tangan
Sistem ini bekerja berdasarkan keunikan pembuluh darah telapak tangan tiap-tiap individu, bahkan pada kembar siam sekalipun. Dengan menggunakan sensor, maka sistem dapat mengenali pola telapak tangan seseorang selama hemoglobin deoxidized (sel darah merah) dengan aktif mengaliri pembuluh darah. Oleh karena itu, hanya telapak tangan orang yang masih hidup yang dapat dideteksi karena memiliki aliran darah.






3. Pengamanan dengan Pengenalan Wajah
Penggunaan sistem keamanan dengan pengenalan wajah ini menggunakan ekspresi seseorang tanpa dibuat-buat atau dengan kata lain relaxed face. Sistem analisis pada pengenalan wajah ini juga ditekankan berdasarkan pada gerakan muka dan aktifitas otot [ada wajah. Sistem pendeteksian wajah terdiri dari beberapa titik yang dianggap paling dapat dipercaya yaitu mata, mulut, alis mata dan hidung. Untuk mengenali bagian-bagian titik tersebut kita dapat menggunakan suatu pendekatan vector quantization yang terawasi.



4. Pengamanan dengan Retina
Salah satu bagian unik yang terdapat pada manusia adalah retina mata karena di dalamnya terdapat iris atau selaput pelangi. Dari kondisi ini, iris atau selaput pelangi dapat dikodekan secara digital dan kemudian dijadikan kata kunci melalui pola yang terdapat di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar